DISDIK RANCANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI SEKOLAH

By Humas PPID SMA Negeri 1 Campaka 30 Des 2019, 11:09:54 WIB Pendidikan
DISDIK RANCANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI SEKOLAH

Gambar : Sekretaris Dinas Pendidikan, Firman Adam.


Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) tengah merumuskan implementasi pendidikan antikorupsi di seluruh satuan pendidikan Jabar. Program yang bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini, akan mulai diterapkan pada 2020.

Guna mempersiapkan hal ini, Sekdisdik Jabar membahas poin tersebut pada rapat pimpinan yang digelar di Aula Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Selasa (23/11/2019).

Sekdisdik mengatakan, setelah dibuat Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar Nomor 60 Tahun 2019 tentang Pendidikan Antikorupsi, pemerintah akan segera menerbitkan Pergub/Perwal pendidikan antikorupsi di tiap kabupaten/kota. Sampai saat ini, sebanyak 18 kabupaten/kota sudah menerbitkan peraturan tersebut.

Berdasarkan lini masa yang dirancang, menurut Sekdisdik, setelah penerbitan aturan, langkah selanjutnya yakni menentukan sekolah model penerapan pendidikan antikorupsi. "Setelahnya, kita sosialisasikan penyusunan materinya dengan melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Kewarganegaraan di kabupaten/kota, dikaitkan dengan program Jabar Masagi," tuturnya.

Setelah disusun, tambahnya, rancangan tersebut nantinya akan dievaluasi kembali sebelum benar-benar diimplementasikan di satuan pendidikan.

Sekdisdik menjelaskan, muatan materi pendidikan antikorupsi dikembangkan melalui kurikulum muatan lokal sesuai kebutuhan dan karakterisdik daerah, satuan pendidikan serta peserta didik. "Sedangkan capaian implementasi pendidikan antikorupsi ini meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan," jelasnya.

Sekdisdik menegaskan, pendidikan antikorupsi akan berjalan jika mengoptimalkan fungsi kemitraan tripusat pendidikan yang meliputi sekolah, keluarga, dan masyarakat. "Maka dari itu, di kita juga ada pembinaan pendidikan keluarga agar mereka (orang tua, red) sepaham dengan kita," tegasnya.

 

Source : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat / Nizar Fadilah




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment