FORMAT RPP TERBARU RESMI DI SOSIALISASIKAN

By Humas PPID SMA Negeri 1 Campaka 14 Jan 2020, 09:31:15 WIB Pendidikan
FORMAT RPP TERBARU RESMI DI SOSIALISASIKAN

Gambar : Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Drs H Dedeng Ahmad, M.Pd


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan kebebasan bagi sekolah, untuk memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid. Kebebasan ini bukan hanya ditunjukkan oleh pihak sekolah saja, tetapi mencakup kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru.

Karena itu, Dedeng Ahmad Rahmani selaku Pengawas SMA di Wilayah IV Cabang Dinas Pendidikan tersebut melaksanakan sosialisasi pengenalan format RPP dihadapan seluruh jajaran guru yang berlangsung di Bale Sawala SMAN 1 Campaka, Senin (13/01).

Dedeng menjelaskan bahwa kebijakan Mendikbud terkait adanya format baru dalam penyusunan RPP ini dapat membuat waktu menjadi efektif dan efisien dan guru tidak perlu di sibuk kan dengan RPP tebal yang justru dapat menyulitkan guru itu sendiri.

"Jadi saya harap semua guru dapat menyusun rencana pembelajaran ini dengan sebaik baiknya untuk menciptakan siswa merdeka dalam belajar" pungkasnya.

Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar (KD) dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.

Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Selain itu, 13 Komponen tentang RPP juga mempunyai media, Sumber, dan langkah-langkah pembelajaran. Media pembelajaran sendiri, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.

Sedangkan, sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan. Terakhir adalah langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment