JADI OSIS ITU KEREN!

By Kominfo IT SMAN 1 Campaka 28 Jan 2019, 23:44:13 WIB Siswa
JADI OSIS ITU KEREN!

Gambar : Jajaran Pengurus OSIS SMAN 1 Campaka Ketika Berkunjung ke Gedung DPR/MPR RI


Kalian pasti pernah melihat akang/teteh OSIS saat baru masuk SMA. Kalian pasti menganggap menjadi pengurus OSIS dapat membuat kalian beken di sekolah. Ya, itu memang salah satu dari efek ketika menjadi pengurus OSIS.

Akan tetapi, masih ada beberapa manfaat lain menjadi pengurus OSIS di sekolah. Kali ini, kita akan memberikan beberapa manfaat lain menjadi pengurus OSIS. Bila kamu memang berkeinginan menjadi pengurus OSIS, postingan kali ini bisa menjadi motivasi kamu menjadi pengurus OSIS.

Menjadi Pribadi yang Selalu Update Dengan Informasi Baru

Sebagai pengurus OSIS, kamu akan dituntut mampu melakukan banyak hal. Ketika kamu melakukan hal yang belum kamu kuasai, maka kamu akan belajar banyak mengenai hal itu. Dengan begitu, kamu akan memiliki pengetahuan umum lebih banyak dari siswa lainnya.

Misalnya, ketika berurusan dengan perusahaan perihal sponsorship, kamu akan mengetahui bagaimana alur pengajuan sponsorship di suatu perusahaan. Pengetahuan itu tidak akan kamu dapatkan bila kamu hanya menjadi siswa biasa.

Adapun, kamu juga akan mendapat pengetahuan lainnya dari berbagai seminar ataupun pelatihan yang kamu ikuti. Sebagai pengurus OSIS, tentunya kamu akan sering dikirim sekolah untuk mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan tertentu.

Seringnya kamu mengikuti kegiatan itu akan membantu kamu menambah pengetahuan di luar bidang akademik. Dengan begitu, kamu menjadi siswa dengan pengetahuan umum lebih lengkap dari siswa lainnya.

Kamu juga akan menambah pengalaman ketika mengikuti seminar dan pelatihan tersebut. Pengalaman itu berbeda-beda pada tiap kepengurusan OSIS dan hal itu akan terus membekas dalam ingatan.

Melatih Skill Public Speaking

Ketika kamu menjadi pengurus OSIS, tentunya kamu akan dihadapkan kewajiban untuk dapat berbicara di depan publik. Baik sebagai pemberi informasi atas suatu acara di tiap kelas ataupun berpidato saat membuka suatu acara.

Bagi mereka yang tidak terbiasa berbicara di depan publik, biasanya akan muncul rasa gugup hingga takut. Hal itu lumrah, karena untuk dapat mahir berbicara di depan publik, seseorang perlu menguasai kemampuan public speaking.

Kemampuan tersebut jarang dimiliki seseorang yang tidak terlatih. Biasanya, untuk dapat berbicara di depan publik, perlu latihan yang cukup lama.

Dengan kamu menjadi pengurus OSIS, mau tidak mau, skill tersebut dapat kamu latih secara langsung. Karena, tiap pengurus OSIS pastinya akan merasakan menjadi ketua sebuah program OSIS yang mewajibkan ketua acara itu berpidato ketika membuka acaranya.

Dengan terbiasa berbicara di depan publik, seorang pengurus OSIS dapat memahami bagaimana cara mengatasi rasa gugup saat berhadapan dengan orang banyak. Kemampuan itu akan sangat berguna ketika kamu masuk dunia perkuliahan ataupun pekerjaan. Karena, dengan kemampuan itu, kamu tidak lagi gugup berbicara di hadapan orang banyak.

Selain itu, kamu memiliki kesempatan untuk berlatih retorika berpidato. Kemahiran beretorika kala berpidato akan sangat membantu kamu untuk menguasai massa. Dengan begitu, apa yang kamu sampaikan saat pidato dapat terserap dengan baik oleh pendengarmu.

Memiliki Link yang Lebih Luas

Saat kamu menjadi pengurus OSIS, tentunya kamu tidak hanya berurusan dengan orang di dalam sekolahmu saja. Kamu akan berhubungan dengan orang lain di luar sekolah. Hal itu tentunya akan menambah daftar kolega kamu sehingga pertemanan dan kenalan kamu tidak hanya di satu sekolah saja.

Karena, dalam kegiatan OSIS terkadang kamu akan bertemu dengan pengurus OSIS di sekolah lain. Bisa karena ada acara bersama yang ingin diselenggarakan atau sama-sama menjadi peserta dalam suatu pelatihan atau seminar. Bertambahnya teman itu sangat membantu kamu untuk berbagai macam urusan.

Selain bertambah teman, kamu juga bisa menjalin silaturahmi dengan perusahaan-perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan acara OSIS. Jalinan silaturahmi itu akan membantu kamu suatu saat nanti. Bisa soal informasi mengenai sponsorship untuk acara lain yang kamu panitiai, lowongan pekerjaan, hingga beasiswa kuliah dari perusahaan tersebut.

Biasanya, di dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) sebuah perusahaan terdapat program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Dengan memiliki kenalan di perusahaan-perusahaan tersebut, kamu memiliki kemungkinan lebih besar mengetahui informasi tersebut.

Melatih Kemampuan Berorganisasi

Tentunya, sebagai pengurus OSIS, kamu akan dilatih bagaimana menjalankan sebuah organisasi secara baik. Saat menjadi pengurus OSIS, kamu akan belajar bagaimana mekanisme rapat yang baik dan benar, beragumentasi dan berkomunikasi efektif, dan memahami bagaimana merancang sebuah acara hingga sukses.

Kamu akan belajar berorganisasi sembari melakukannya. Dengan begitu, ilmu keorganisasian itu dapat kamu terapkan secara langsung.

Selain itu, kamu akan mempelajari bagaimana menjadi pribadi yang mampu melakukan skala prioritas. Karena, kegiatan OSIS itu biasanya cukup padat, sama halnya dengan kegiatan ekstrakulikuler, dan itu di bawah pengawasan langsung kepala sekolah ataupun wakil kepala sekolah.

Karenanya, kamu akan belajar bagaimana caranya menyelesaikan satu tanggung jawab tanpa meninggalkan tanggung jawab lainnya. Kemampuan menerapkan skala prioritas itu amat berguna pada kehidupan kamu masa mendatang, baik ketika kuliah maupun sudah bekerja nantinya.

Kemampuan itu akan menjadikan kamu sebagai orang yang multitasking atau dapat mengerjakan banyak pekerjaan dan tanggung jawab dalam waktu bersamaan. Tentunya, hal itu akan membantu kamu untuk dapat mengukur tenaga sehingga dalam menjalani kegiatan kamu tidak akan kelelahan, bahkan hingga sakit.

Terlatihnya kamu berorganisasi akan membantu kamu mengubah cara pandang dan penyelesaian masalah. Kamu akan mampu melihat solusi ideal dalam tiap masalah yang kamu hadapi.

Beberapa manfaat itu tentunya dapat kamu rasakan bila kamu terpilih menjadi pengurus OSIS. Biasanya, untuk terpilih menjadi pengurus OSIS, kamu perlu mengikuti LDK. Bila performa kamu saat LDK cukup baik, maka kamu bisa dipertimbangkan untuk menjadi anggota pengurus OSIS.

Tidak ada salahnya mencoba menjadi pengurus OSIS. Karena, ketika kamu sudah menjadi pengurus OSIS, akan banyak hal yang kamu dapatkan dibandingkan siswa lainnya.

Source : Muhammad Khairil/Quipper.com




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment