RD DEWI SARTIKA SIMBOL EMANSIPASI WANITA JAWA BARAT

By Humas PPID SMA Negeri 1 Campaka 20 Des 2019, 07:57:18 WIB Pendidikan
RD DEWI SARTIKA SIMBOL EMANSIPASI WANITA JAWA BARAT

Gambar : Patung Rd. Dewi Sartika di halaman Balaikota Bandung


Sebagai pahlawan nasional, Raden Dewi Sartika sudah banyak berjasa dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan bagi kaum perempuan. Melalui Sekolah Kautamaan Istri yang didirikan Rd. Dewi Sartika, beliau menjadi simbol emansipasi wanita di Jawa Barat.

Untuk menghargai jasanya tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun Dewi Sartika di Monumen Perjuangan Rakyat Jabar, Jln. Dipatiukur No. 48, Kota Bandung, Kamis (19/12/2019).

Kepala Unit Pelayanan Tugas Dinas (UPTD) Pengelolaan Kebudayaan Daerah Disparbud Jabar, Erik Herdiana menuturkan, kegiatan tersebut merupakan upaya mengenalkan sejarah bangsa kepada generasi milenial ataupun masyarakat umum. "Dengan mengenal sejarah bangsa kita, kita akan memahami perjuangan pahlawan. Tak terkecuali sejarah tentang Dewi Sartika," ungkapnya.

Kegiatan ini pun, lanjut Erik, bertujuan  menggelorakan semangat pahlawan yang lahir pada 4 Desember 1884 tersebut kepada generasi saat ini. "Beliau adalah salah satu tokoh pendidikan pada masanya. Tak hanya memberikan ide atau gagasan, beliau juga mengimplementasikan secara nyata dengan mengajar di sekolah yang beliau dirikan," tuturnya.

Erik menuturkan, beberapa rangkaian kegiatan dalam peringatan tersebut, antara lain pameran bentang sejarah peninggalan Raden Dewi Sartika, seminar bertajuk "Dewi Sartika Kekinian", pemutaran film pendek seputar Raden Dewi Sartika, dan penampilan monolog dari Sanggar Seni Manikam Khatulistiwa.

Salah seorang siswa, Witri Irmawati mengaku sangat terkesan dengan pengorbanan dan perjuangan Raden Dewi Sartika dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi kaum perempuan. Salah satu hal sederhana yang akan ia lakukan untuk meneruskan semangat Rd. Dewi Sartika adalah belajar dengan tekun. "Selain itu, sebagai perempuan kita juga harus mempunyai keahlian lain, seperti menjahit atau yang lainnya. Pokoknya, harus selalu memiliki tekad yang kuat," ujar siswa SMKN 10 Bandung tersebut.

Dalam acara tersebut, hadir puluhan peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dinas Sejarah TNI AD, kepala museum di Kota Bandung, pengurus Yayasan Dewi Sartika, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah di Kota Bandung serta siswa sekolah menengah atas (SMA).

Source : http://disdik.jabarprov.go.id/news/1805/rd.-dewi-sartika-simbol-emansipasi-wanita-di-jawa-barat




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment