SEKDISDIK : PERLU SINERGITAS UNTUK TRIPUSAT PENDIDIKAN SISWA

By Kominfo IT SMAN 1 Campaka 10 Jan 2020, 09:52:08 WIB Siswa
SEKDISDIK : PERLU SINERGITAS UNTUK TRIPUSAT PENDIDIKAN SISWA

Gambar : Sekretaris Dinas Pendidikan, Firman Adam (Barly Isham)


Pendidikan, terutama pendidikan karakter bagi siswa tidak bisa hanya dilimpahkan pada satuan pendidikan. Harus ada sinergisme antara keluarga dan lingkungan masyarakat sebagai tripusat pendidikan bagi anak.

"Sekolah akan memberikan model dan contoh yang baik bagi anak. Tetapi setelah pulang dari sekolah, anak akan bersinggungan dengan keluarga dan masyarakat," ucap Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Jawa Barat (Jabar), Firman Adam dalam Sosialisasi Pendidikan Antikorupsi yang digelar di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Rabu (8/1/2020).

Untuk itulah, lanjut Sekdisdik, dengan sinergisme yang terjalin antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, pendidikan karakter akan berjalan optimal. Tak terkecuali Pendidikan Antikorupsi (PAk) yang sedang dicanangkan oleh Disdik Jabar. "Sinergisme tersebut bisa dibentuk melalui komunikasi yang intensif antara pihak sekolah dan orang tua," ujarnya.

Menurut Sekdisdik, Jabar adalah provinsi kedua yang dijadikan role model oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk program pendidikan antikorupsi. Sehingga, Sekdisdik berharap pelaksanaan PAk ini berjalan sesuai sasaran.

"Kita berkomitmen pendidikan antikorupsi ini merupakan bagian penting dalam proses pendidikan. Semua akan menjalani agenda lanjutan dengan melibatkan pengawas sekolah agar betul-betul memantau dan mengawal penerapan program ini di satuan pendidikan," tegasnya.

Sosialisasi Pendidikan Antikorupsi ini dihadiri Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) jenjang SMA tingkat Jabar, MKPS jenjang SMK tingkat Jabar, MKPS SLB tingkat Jabar, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) kabupaten/kota, Musyawarah Guru Mata Pelajaran PKn tingkat kabupaten/kota, dan Kelompok Kerja Guru (KKG) SLB tingkat kabupaten/kota.***

Sumber : http://disdik.jabarprov.go.id/ Nizar Al Fadilah




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment